Profil Lulusan

Lulusan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan pada dasarnya beroreintasi menjadi guru. Namun, pada realitasnya tidak semua lulusannya akan menjadi guru. Ada banyak lulusan yang menggeluti pekerjaan yang tidak sesuai dengan kompetensinya sebagai guru. Berikut adalah profil lulusan dari Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan :

  1. Guru

Lulusan Prodi PPKn pada dasaranya memang disiapkan menjadi guru dan banyak lulusan dari Prodi yang menjadi guru dan tersebar hampir di seluruh Nusa Tenggara Timur. Selain menjadi guru PPKn, banyak lulusan Prodi PPKn yang juga menjadi guru sosiologi, antropologi, dan lain sebagainya. Lulusan prodi PPKn juga bisa menjadi guru sosiologi maupun antropologi. Ini disebabkan fokus dari pembelajaran di prodi PPKn tidak hanya mencakup pendidikan Pancasila atau Kewarganegraan itu saja melainkan juga berfokus pada bidang sosiologi, antropologi, politik, dan hukum.

  1. Dosen

Selain menjadi guru, banyak pula lulusan yang menjadi dosen pada prodi yang sama atau pun untuk mengajar mata kuliah yang relevan dengan pembelajaran Pancasila dan Kewarganegraan yang tesebar di banyak perguruan tinggi, baik perguruan tinggi negeri atau pun perguruan tinggi swasta.

  1. Peneliti

Ada banyak lulusan prodi yang menjadi peneliti, khsusnya dalam bidang ilmu sosial mengingat fokus dari bidang ilmu PPKn adalah imlu sosial dan kemasyarakatan. Selain ilmu sosial ada pun yang fokus dalam meneliti kebudayaan, media pembelajaran, politik, dan hukum.

  1. PNS/Swasta

Banyak juga lulusan dari prodi ini yang bekerja sebagai pegawai negeri atau pun pegawai swasta di lingkungan kementrian, dinas-dinas daerah, atau pun perusahaan-perusahaan swasta.

  1. Wiraswasta

Selain menjadi pegawai kantoran dan menjadi guru ada juga banyak lulusan bergelut di bidang kewirausahaan. Ada banyak lulusan yang membuka usaha di bidang kuliner, jasa, atau pun di bidang kewirausahaan lainya.

  1. Politisi

Tidak jarang juga lulusan dari prodi PPKn Undana terjun kedalam dunia politik, dan juga banyak politisi hebat yang lahir dari prodi ini. Sebagai contoh dari sekian banyak politisi sukses ada Drs. Frans Lebu Raya yang pernah menjabat sebagai Gubernur ke-7 Nusa Tenggara Timur dengan periode menjabat 2008 hingga 2018.