Mata Kuliah

Kurikulum OBE

Outcome Based Education (OBE) merupakan kurikulum yang mengacu pada outcome. Sehingga tidak materi saja yang harus diaplikasikan di dalam kelas, namun juga mempersiapkan bagaimana lulusan (outcome) yang telah dibekali kemampuan untuk menghadapi dunia kerja.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat akan memunculkan kesenjangan baru di dunia pendidikan. Lulusan (outcome) dituntut untuk lebih adaptif dengan kebutuhan dunia kerja. Sehingga melalui kurikulum OBE ini, perguruan tinggi akan lebih mudah menjembatani lulusan mendapatkan skill yang dibutuhkan di dunia kerja. Kurikulum OBE dirancang untuk menciptakan lulusan sesuai kebutuhan industri.

Sebagai upaya merespon tuntutan ini maka Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) FKIP Universitas Nusa Cendana berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Nusa Cendana Nomor 1128/PP/2023 sejak Tahun Pelajaran 2023/2024 mulai memberlakukan kurikulum ini untuk mahasiswa Tahun Masuk 2023. Adapun sebaran matakuliah pada kurikulum ini dapat dilihat pada tabel berikut ini:

No.

Kode Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah

Beban SKS

Muatan Materi

Keterangan

1

MKU 1124
Pendidikan Pancasila

2

Setelah mengikuti matakuliah ini, mahasiswa mampu menganalisis, menguraikan dan mempresentasikan Pancasila dalam arus sejarah bangsa Indonesia, Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia, Nilai dan norma konstitusional UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Pancasila menjadi Idologi Negara, Pancasila merupakan sistem filsafat , Pancasila menjadi sistem Etika dan  Pancasila menjadi dasar pengembangan Ilmu

See Course Unit

2

KPF 1121 Pengantar Pendidikan

2

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang proses terjadinya pendidikan dalam kehidupan manusia, hakikat, tujuan, landasan dan aliran Pendidikan, Sistem Pendidikan Nasional, subyek dan perannya, lingkungan dan pengaruhnya, tuntutan profesionalitas guru, filosofi tokoh-tokoh Pendidikan dunia dan nasional, mutu Pendidikan serta  berbagai permasalahan Pendidikan termasuk mutu pendidikan khususnya di NTT.

See Course Unit

3

KPPKN 12360 Dasar Konsep Pendidikan Moral

3

Mata kuliah ini membahas tentang Pokok-Pokok Pengertian Moral, Hubungan Antara Nilai, Norma, dan Moral, KomponenKomponen Moral, Teori Perkembangan Moral, Aliran-Aliran Filsafat Moral, dan Pendidikan Moral di Indonesia.

See Course Unit

4

KPPKN 12363 Ilmu Politik dan Ilmu Negara

3

Mata kuliah ini mengkaji mengenai teori-teori negara, teori tentang tujuan negara, teori legitimasi kekuasaan, klasifikasi negara, susunan negara, negara demokrasi modern, politik dan negara, ide dan ideologi politik, bangsa dan nasionalisme, politik masyarakat dan identitas, perwakilan, pemilihan dan voting.

See Course Unit

5

KPPKN 12462 PIH/PTHI

4

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan teoritis kepada mahasiswa tentang arti penting, pengertian, definisi dan tujuan hukum; sumber-sumber, pembentukan dan penafsiran hukum serta cara mengisi kekosongan hukum; bidang-bidang ilmu hukum, asas-asas hukum dan asas-asas kemasyarakatan; subjek, objek, perbuatan hukum, peristiwa hukum dan macam-macam hak dan kewajiban; kekuasaan kehakiman, sistem hukum Indonesia; serta asas-asas Hukum Pidana, Perdata, Dagang, Pajak, Perburuhan, Hukum Tata Negara, Hukum Tata Usaha Negara, Hukum Internasional.

See Course Unit

6

KPPKN 12366 Konstitusi dan UUD 1945

3

Pada mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mendeskripsikan konsep dan peran konstitusi dalam kehidupan suatu negara; kedudukan,fungsi dan tujuan konstitusi; perilaku dan daya ikat konstitusi; sistem perubahn konstitusi, menganalisis makna  pokok pikiran dan pembukaan UUD 1945, mengkaji batang tubuh UUD 1945.

See Course Unit

7

KPPKN 12369 Etika

3

Students are able to understand and apply the basic concepts of ethics, namely norms and principles agreed upon and accepted by all Indonesian people as guidelines, attitudes and behaviour in carrying out their duties as educators, community members, and citizens.

See Course Unit

TOTAL

20

No.

Kode Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah

Beban SKS

Muatan Materi

Keterangan

1

MKU 1122
Bahasa Indonesia

2

Mata kuliah ini sangat diperlukan dalam menunjang pembelajaran mahasiswa. Mata kuliah ini tidak hanya mempelajari hal-hal yang bersifat teknis (menulis, berbicara, mendengar, dan membaca), tetapi lebih dari itu. Mata kuliah ini sangat penting bagi mahasiswa dari berbagai program studi lain karena dengan mempelajari mata kuliah Bahasa Indonesia, mahasiswa dapat mempelajari hal-hal yang bersifat praktis, politis, dan ideologis.

See Course Unit

2

MKU 1223 Agama Islam

2

Memberikan bekal terbentuknya kepribadian mahasiswa secara utuh (kaffah) dengan menjadikan ajaran Islam sebagai landasan berpikir, bersikap, dan berperilaku dalam pengembangan keilmuan dan profesinya. Kepribadian yang utuh hanya dapat diwujudkan apabila dalam pada diri setiap mahasiswa tertanam iman dan takwa kepada Allah S.W.T.  Mata kuliah ini menjunjung tinggi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah, dan keadilan dalam bingkai Pancasila dan NKRI. Perkuliahan ini juga mengintegrasikan materi Pendidikan Anti Korupsi dan moderasi beragama. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem analisis studi kasus, presentasi dan diskusi, tugas proyek/penyelesaian masalah (problem solving), dan refleksi.

See Course Unit
Agama Protestan

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan teoritis kepada mahasiswa tentang Agama dan Kekristenan. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat (1) memiliki pemahaman tentang pentingnya agama dan fungsinya dalam kehidupan, (2) memiliki pemahaman tentang Allah dalam kekristenan, (3) memiliki pemahaman tentang tanggung jawab sebagai manusia, (4) memiliki pemahaman tentang iman kristiani dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, (5) memiliki pemahaman tentang iman kristiani yang berkaitan dengan ekologi dan hak asasi manusia, (6) memiliki kemampuan dalam mengaplikasikan iman kristiani dalam kehidupan nyata.

See Course Unit
Agama Katholik

Mata Kuliah Pendidikan Agama Katholik merupakan sumber nilai dalam mengantarkan peserta didik yang beragama Katholik untuk dapat mengembangkan kepribadiannya sebagai manusia religius yang tidak hanya memiliki kualitas intelektual yang baik, tetapi juga cerdas secara emosional dan spiritual serta mampu berperan aktif dalam menemukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang dilandasi dengan nilai cinta kasih.

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan teoretis kepada mahasiswa, seperti:

  • Teodicy: Dogmatika Kristen

  • Penciptaan Manusia

  • Panggilan Hidup Kristiani

  • Agama dan Dogmatik

  • Yesus Kristus dan Keselamatan-Nya

  • Misi Gereja

  • Tradisi dan Karakteristik Katolik

  • Sakramen-sakramen Gereja

See Course Unit

3

KPF 1424 Profesi Kependidikan

2

Setelah mengikuti matakuliah ini, mahasiswa mampu menguasai konsep profesi guru, ciri-ciri profesi guru Indonesia, dan mampu mengimplementasi tugas dan kewajiban guru professional.

See Course Unit

4

KPF 1222 Belajar dan Pembelajaran

2

Mata kuliah ini berisi tentang konsep belajar dan pembelajaran, teori-teori belajar dan pembelajaran, pengertian belajar dan pembelajaran, Teori Deskriptif dan Teori Preskriptif, Proses dan tahapan pembelajaran,
Teori-teori behavioristik, kognitif, konstruktivistik, humanistik, sibernetik, sosiokultural, isu-isu terkini dalam pembelajaran, model-model pembelajaran inovatif, prinsip-prinsip analisis dalam pembelajaran, masalah-masalah dalam pembelajaran, teori-teori belajar masa lalu, masa kini, dan masa depan.

See Course Unit

5

KPPKN 12381 Pendidikan Karakter dan Budi Pekerti

3

Mata kuliah ini membahas esensi atau mengapa pendidikan karakter diperlukan, mendeskripsikan hakikat dan konsep pendidikan karakter, memaparkan karakter yang baik berdasarkan nilai-nilai universal, dilema karakter dalam menghadapi godaan, peran sekolah dan guru dalam membangun kultur sekolah dan pembelajaran berbasis karakter dengan tujuan menciptakan peserta didik yang berkarakter baik sebagai modal kehidupan dan pembangunan bangsa.

See Course Unit

6

KPF 1323 Perkembangan Peserta Didik

2

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis, mengklasifikasikan, dan mempresentasikan keterampilan dalam menganalisis hakikat pertumbuhan, perkembangan peserta didik dari masa kanak-kanak hingga remaja serta perkembangan intelektual, sosial, bahasa, afektif, kreativitas termasuk penyimpangan dan problematika remaja dan proses pemecahannya.

See Course Unit

7

KPPKN 12369 Ideologi Negara dan Ideologi Pancasila

3

Mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menguasai konsep ideologi negara, bentuk-bentuk ideologi negara, perbandingan ideologi negara dan Pancasila sebagai Ideologi Negara Indonesia

See Course Unit

8

MKP 1221 Budaya Lahan Kering, Kepulauan dan Pariwisata

2

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep pengelolaan lahan kering (P), pengolahan tanah secara konvensional (P), teknik pengolahan lahan kering (P), pengelolaan sektor pariwisata dan optimalisasi pariwisata di prov NTT serta NTT sebagai daerah lahan kering dan pariwisata, penelitian-penelitian yang berkaitan dengan pengembangan pulau-pulau pariwisata berbasis lahan kering (K).

See Course Unit

9

KPPKN 12387 Kewirausahaan

2

Mata kuliah kewirausahaan mempelajari tentang konsep, konteks dan hakikat kewirausahaan, fungsi, perencanaan, manajemen dan strategi bisnis.

See Course Unit

TOTAL

20

No.

Kode Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah

Beban SKS

Muatan Materi

Keterangan

1

KPPKN 12384
Hubungan Internasional

3

Mata kuliah ini secara garis besar membahas esensi dan konsep dasar hubungan internasional, isu-isu global dan aktor-aktor internasional yang menentukan fenomena hubungan internasional, norma dan etika, konflik dan perang, perdamaian dan resolusi konflik serta peran organisasi dan institusi internasional, pentingnya politik dan hubungan luar negeri, perdagangan dan keuangan internasional.

See Course Unit

2

KPPKN 12283 Budaya dan Etika Politik

2

Pada mata kuliah Budaya dan Etika Politik ini, mahasiswa dapat memahami Budaya Politik, Partisipasi Politik, Representasi Kepentingan, Partai Politik di Indonesia, Militer dan Politik di Indonesia, Lembaga Perwakilan Rakyat di Indonesia, Proses Politik di Indonesia, Masyarakat Madani dan Prospeknya di Indonesia.

See Course Unit

3

KPPKN 12365 Hukum Perdata

3

Mata kuliah ini membahas tentang ruang lingkup hukum perdata, sejarah hukum perdata, sistematika dan pembagian hukum perdata, sumber-sumber hukum perdata, hukum perorangan, hukum keluarga, hukum harta kekayaan, hukum perikatan dan hukum Hukum Waris.

See Course Unit

4

KPPKN 12364 Hukum Pidana

3

Mata kuliah ini menyajikan konsep dasar hukum Pidana, mempelajari tentang Pengantar Hukum Pidana, Sejarah Hukum Pidana Indonesia, Berlakunya Hukum Pidana, mengenal Pidana dan pemidanaan serta unsur-unsur Hukum Pidana. Unsur-unsur tindak pidana, menganalisis alasan-alasan penghapusan pidana, dan bentuk-bentuk delik dalam KUHP.

See Course Unit

5

KPPKN 12293 Aplikasi Komputer dan Data Scientific

2

Mata kuliah ini mengkaji berbagai aplikasi komputer dalam analisis data evaluasi (p), mengakses data informasi yang berkaitan dengan pendidikan (K) mengolah data secara ilmiah dengan berbagai sumber data baik secara ilmiah maupun non ilmiah.
(K) Merancang dan membuat aplikasi pengolahan data base sederhana untuk keperluan evaluasi (K) merancang dan membuat aplikasi pengolahan data evaluasi berbasis online.

See Course Unit

6

KPPKN 12367 Hukum Adat dan Pertanahan

3

Dalam mata kuliah Hukum Adat dan Pertanahan ini, mahasiswa dapat memahami Kesatuan Masyarakat Hukum Adat, Faktor-faktor Pembentuk Masyarakat Hukum Adat, Struktur Pemerintahan dalam Masyarakat Hukum Adat, Sistem Kewarisan Hukum Adat (pengertian dan unsur-unsur, asas-asas kewarisan dalam hukum waris, syarat-syarat dan proses pewarisan), Hak Kepemilikan Atas Tanah, mentaati batas-batas hak kepemilikan atas tanah serta menghormati dan menjunjung tinggi demi terciptanya keamanan dan ketertiban secara lokal dan nasional, dan Tata Cara Memperoleh Hak Atas Tanah, mentaati tata cara perolehan hak atas tanah dan mampu menerapkannya dengan baik demi terciptanya kelancaran perolehan hak atas tanah yang memiliki jaminan kepastian hukum

See Course Unit

7

KPPKN 12395 Sosiologi Indonesia dan Gender

3

Setelah mempelajari mata kuliah Sosiologi dan Gender ini, mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi sektor-sektor penting dalam saling menguntungkan dalam hubungan antar kelompok, antar negara di dunia; kandungan nilai-nilai budaya masyarakat yang menjunjung tinggi solidaritas dan sikap gotong royong; Menganalisis perilaku persahabatan dan permusuhan antar kelompok; dinamika sosial masyarakat dan model-model interaksi, pola-pola interaksi sosial, konflik dan penyelesaian konflik, gender dan permasalahannya.

See Course Unit

8

MKP 1221 Budaya Lahan Kering, Kepulauan dan Pariwisata

2

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep pengelolaan lahan kering (P), pengolahan tanah secara konvensional (P), teknik pengolahan lahan kering (P), pengelolaan sektor pariwisata dan optimalisasi pariwisata di prov NTT serta NTT sebagai daerah lahan kering dan pariwisata, penelitian-penelitian yang berkaitan dengan pengembangan pulau-pulau pariwisata berbasis lahan kering (K).

See Course Unit

9

KPPKN 12387 Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan

2

Mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) membahas tentang konsep, teori, dan kualifikasi warga negara, memahami sejarah perkembangan PKn dan mengkaji peran warga negara dalam berbagai aspek kehidupan (politik, ekonomi, hukum, sosial budaya, dan hankam), sehingga dapat mengembangkan warga negara yang cerdas, demokratis, bertanggung jawab, dan partisipatif dalam kehidupan bermasyarakat. Pembelajaran dilakukan melalui pemaparan konsep, diskusi, studi kasus, dan penugasan baik secara individu maupun kelompok.

See Course Unit

TOTAL

22

No.

Kode Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah

Beban SKS

Muatan Materi

Keterangan

1

MKU 1121
Pendidikan Kewarganegaraan

2

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu menganalisis esensi dan urgensi identitas nasional, integrasi nasional, nilai dan norma, ketatanegaraan, sosial politik dan budaya, wawasan kebangsaan, ketahanan nasional dan bela negara untuk memperkuat semangat kebangsaan dan cinta tanah air dalam rangka ikut serta membangun bangsa dan negara.

See Course Unit

2

KPPKN 12392 Hukum Pajak

3

Mata kuliah ini menyajikan konsep dasar hukum pajak Indonesia dan perpajakan secara umum serta analisis dan latihan menghitung pajak terutang yaitu Pajak Penghasilan (PPH), Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Pajak Bea Materai sesuai dengan peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan Indonesia.

See Course Unit

3

KPPKN 12294 Budaya dan Tata Krama Masyarakat Nusa Tenggara Timur

2

Mata kuliah Budaya dan Tata Krama Nusa Tenggara Timur mengkaji dan menganalisis budaya dan tata krama masyarakat Belu dan Malaka, TTU dan TTS, Flores, Sumba, Alor, Sabu, dan Rote. Mahasiswa juga diarahkan untuk menganalisis budaya daerah masing-masing.

See Course Unit

4

KPPKN 12254 FIlsafat Ilmu

2

Mata kuliah Filsafat Ilmu menyajikan beberapa perspektif tentang objek dan subjek ilmu pengetahuan. Mata kuliah ini dimulai dengan mengkaji kerangka berpikir kritis dalam proses ekstraksi informasi, dengan menekankan perannya dalam setiap tahap ilmiah. Mata kuliah ini menawarkan wawasan tentang esensi ilmu pengetahuan dan menjelaskan prinsip-prinsip filosofis yang memandu upaya ilmiah. Isi mata kuliah mencakup topik-topik seperti definisi filsafat, ilmu, pengetahuan, filsafat ilmu, isu-isu dalam filsafat ilmu, dasar-dasar keilmuan, hakikat pengetahuan, pemerolehan pengetahuan, kebenaran dalam pengetahuan, dasar-dasar ilmu pengetahuan (ontologi, epistemologi, aksiologi), metode keilmuan, paradigma keilmuan, perspektif filosofis dari para filsuf ilmu pengetahuan sebagai landasan teori keilmuan, dan tantangan kontemporer dalam filsafat ilmu pengetahuan.

See Course Unit

5

KPPKN 12376 Sistem Pemerintahan Indonesia dan Daerah

3

Mata kuliah Sistem Pemerintahan Indonesia merupakan mata kuliah yang membahas tentang Sistem Pemerintahan Indonesia dengan menekankan pada pemahaman terhadap ruang lingkup pendekatan teori, latar belakang kebijakan dan praktik pemerintahan daerah yang berlaku dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sistem Pemerintahan Indonesia pada dasarnya terdiri dari dua sistem besar yang saling berkaitan, yaitu sistem pemerintahan nasional dan sistem pemerintahan daerah. Kedua sistem ini memiliki landasan teori dan praktiknya masing-masing, baik mengenai ruang lingkup, sejarah kelembagaan, maupun prosesnya. Untuk memahami suatu sistem juga diperlukan perbandingan sehingga dapat membedakannya dengan sistem pemerintahan di berbagai bentuk negara.

See Course Unit

6

KPPKN 12388 English for Social Science

2

Program Bahasa Inggris untuk Ilmu Sosial ini memberikan pemahaman teoritis kepada siswa tentang aturan dan prosedur penulisan akademis dalam bahasa Inggris. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa, dan kemudian keterampilan menulis dan presentasi menggunakan bahasa Inggris.

See Course Unit

7

KPPKN 12351 Strategi Belajar Mengajar PPKn

3

Mata kuliah ini membahas tentang wawasan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, konsep strategi dalam konteks perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran serta berbagai macam strategi pembelajaran aktif dan inovatif dan afektif. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan khusus untuk merancang strategi belajar mengajar yang efektif dengan menggunakan berbagai model pembelajaran aktif dan melatih mahasiswa untuk berpikir tingkat tinggi dan kritis.

See Course Unit

8

KPPKN 12373 Antropologi dan Kebudayaan Daerah

3

Mata kuliah Antropologi dan Budaya Indonesia mengkaji tentang gambaran umum antropologi, dinamika masyarakat dan kebudayaan yang berkembang di Indonesia, dimulai dengan pemahaman dasar tentang konsep kebudayaan, perkembangan sejarah kebudayaan Indonesia dan karakteristik kebudayaan Indonesia (Jawa, Bali, Sunda dan kebudayaan di NTT). Pemahaman terhadap budaya Indonesia dapat memperluas wawasan dalam melihat proses terbentuknya Bangsa Indonesia seperti sekarang ini, yang memiliki banyak suku, budaya, agama dan kepercayaan. Dengan pemahaman ini akan tumbuh rasa hormat dan penghargaan terhadap keberagaman yang ada di Indonesia.

See Course Unit

TOTAL

20

No.

Kode Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah

Beban SKS

Muatan Materi

Keterangan

1

KPPKN 12386
Geopolitik dan Wawasan Kebangsaan

3

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu menganalisis esensi dan urgensi identitas nasional, integrasi nasional, nilai dan norma, ketatanegaraan, sosial politik dan budaya, wawasan kebangsaan, ketahanan nasional dan bela negara untuk memperkuat semangat kebangsaan dan cinta tanah air dalam rangka ikut serta membangun bangsa dan negara.

See Course Unit

2

KPPKN 12457 Perencanaan & Pengembangan Kurikulum SMP, SMA/SMK

4

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengkaji ruang lingkup kurikulum dan pendidikan, landasan, konsep, model pengembangan kurikulum, model implementasi kurikulum, langkah-langkah pengembangan kurikulum, dan menganalisis evaluasi kurikulum.

See Course Unit

3

KPPKN 12372 Multikultural dan Komunikasi Lintas Budaya dan Multikultural

3

Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar pendidikan multikultural, mendalami karakteristik pendidikan multikultural di berbagai negara dan di Indonesia, mendalami keragaman lokal, nasional, dan global serta permasalahan pendidikan multikultural di Indonesia, mengidentifikasi permasalahan dan akar-akar penyakit kultural (prasangka, stereotip, etnosentrisme, rasialisme, diskriminasi, dan scape goating), menyusun strategi pembelajaran Multikultural di dalam kelas beserta permasalahannya, mendesain seni membangun komunikasi publik di tengah masyarakat multikultur, serta mempraktikkan desain model komunikasi lintas budaya yang efektif di tengah masyarakat multikultur.

See Course Unit

4

KPPKN 12359 Metode Penelitian

3

Mata kuliah ini mengkaji konsep penyelengaraan sistem pendidikan di Indonesia (P), konsep organisiswa penyelengaraan sistem satuan pendidikan (P), konsep menejemen berbasis sekolah (P), konsep menejerial dan supervise  pendidikan (P) merancang konsep proyek kepemimpinan sekolah (K), merinci standar nasional pendidikan

See Course Unit

5

KPPKN 12275 Kriminologi

3

Mata kuliah ini mempelajari hakikat Kriminologi, paradigma dalam Kritik Kriminologi, teori-teori Kriminologi, pertumbuhan dan perkembangan Kriminologi di Indonesia, kejahatan dan penyimpangan sosial di masyarakat, serta upaya-upaya penanggulangan kejahatan di masyarakat. Dengan mempelajari mata kuliah Kriminologi secara keseluruhan, dapat membantu mahasiswa untuk memahami seluk-beluk gejala kejahatan di masyarakat termasuk bagaimana masyarakat bereaksi terhadap kejahatan.

See Course Unit

6

KPPKN 12378 Pendidikan Hak Asasi Manusia

2

Mahasiswa menganalisis dan mendeskripsikan nilai-nilai dasar HAM; merancang model pendidikan HAM, menganalisis sumber-sumber hukum HAM; mendeskripsikan macam-macam HAM dan implementasinya; menganalisis bentuk-bentuk dan jenis-jenis pelanggaran HAM; menganalisis peran Komnas HAM; peran Pengadilan HAM; perlindungan anak; hukum acara Pengadilan HAM.

See Course Unit

7

KPPKN 12380 Dinamika Demokrasi Pancasila

3

Mata kuliah Dinamika demokrasi Pancasila memuat substansi pokok-pokok materi perkuliahan yang berkaitan dengan sikap positif warga negara Indonesia terhadap dinamika demokrasi Pancasila sebagai solusi kebangsaan masyarakat multikultural Indonesia; menganalisisis perkembangan pelaksanaan demokrasi Pancasila sejak Proklasi kemerdekaan hingga  dewasa ini; dinamika pelaksanaan pemilihan umum dan pemilihan umum serentak dan permasalahannya; masalah polarisasi politik identitas  berbasis agama menodai nilai-nilai kekeluargaan; serta implementasi penerapan nilai-nilai demokrasi Pancasila berdasarkan kekeluargaan dalam sistem politik di Indonesia.

See Course Unit

TOTAL

21

No.

Kode Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah

Beban SKS

Muatan Materi

Keterangan

1

KPPKN 12455 Pengajaran Mikro

4

Mata kuliah ini berisi tentang konsep, tujuan, manfaat pengajaran mikro, keterampilan dasar mengajar, membuat transkrip praktik mengajar terbatas, menguasai keterampilan membuka dan menutup pelajaran, menguraikan keterampilan memberikan penguatan, menguasai keterampilan bertanya, menguasai keterampilan menjelaskan, menguasai keterampilan mengadakan variasi, menguasai keterampilan memberikan penguatan. Menguasai keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan, Menguasai keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil dan Perorangan, Mampu melakukan observasi praktik mengajar terbatas.

See Course Unit

2

MKP 1612 Pendidikan Anti Korupsi

1

Mata kuliah ini membahas tentang hakikat dan konsep pendidikan antikorupsi, menguraikan nilai-nilai dan prinsip-prinsip antikorupsi, dilema karakter dalam menghadapi godaan, bentuk-bentuk korupsi dan faktor penyebabnya, tindak pidana korupsi, dampak masif korupsi, upaya pemberantasan korupsi, peran lembaga-lembaga antikorupsi, mendesain model-model pendidikan antikorupsi, mendesain strategi penanaman nilai-nilai antikorupsi.

See Course Unit

3

KPPKN 12261 Seminar Ilmiah PPKn

2

Mata kuliah ini mengkaji hakikat seminar dalam konteks PPKn, mampu dengan terampil menyusun naskah karya tulis ilmiah (K), menyusun rencana penelitian (K), mempresentasikan rencana penelitian (K), melakukan penelitian sederhana secara berkelompok yang berkaitan dengan rencana penelitian, menyusun artikel sesuai dengan template masing-masing jurnal.

See Course Unit

4

KPPKN 12270 Manajemen Konflik

2

Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa dalam memahami konflik organisasi, mengidentifikasi sumber-sumber konflik, dan menangani konflik menjadi suatu kekuatan yang membantu dalam mencapai tujuan kemajuan dan produktivitas organisasi. Manajemen Konflik dapat dianggap sebagai pendekatan manajemen konflik yang menyediakan kerangka kerja strategis untuk mendukung tujuan dan hasil bisnis jangka pendek dan jangka panjang. Pendekatan ini berhubungan dengan konsep konflik dan strategi untuk mengelola konflik secara mendalam.

See Course Unit

5

KPPKN 123379 Peradilan Indonesia dan Praktik Peradilan

2

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar tentang pengertian sistem peradilan, sejarah peradilan di Indonesia, sistem peradilan Indonesia, dasar hukum sistem peradilan Indonesia, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, Peradilan Umum, Peradilan Agama, Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara.

See Course Unit

6

KPPKN 12377 Ketahanan Nasional dan Bela Negara

3

Mata kuliah membahas tentang esensi atau mengapa perlu pendidikan karakter, mendeskripsikan hakekat dan konsep pendidikan karakter, menyajikan  Karakter baik berbasis nilai universal, dilemma karakter berhadapan dengan godaan, peran sekolah dan guru membangun budaya sekolah dan pembelajaran berbasis karakter dengan tujuan terciptanya siswa yang berkarakter baik sebagai modal kehidupan dan pembangunan bangsa.

See Course Unit

7

KPPKN 12374 Nasionalisme dan Sejarah Nasional Indonesia

3

Mata kuliah ini membahas tentang hakikat nasionalisme, bangsa dan negara, nasionalisme di Indonesia dalam perspektif sejarah, sejarah kebudayaan bangsa Indonesia pada masa pra-sejarah, sejarah kebangsaan bangsa Indonesia, nilai sejarah perjuangan bangsa Indonesia, kehidupan politik masyarakat Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai dengan reformasi.

See Course Unit

8

KPPKN 12289 Ilmu Pengetahuan Perundang-undangan

2

Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis pengertian dan ruang lingkup cabang ilmu perundang-undangan, peran dan fungsi peraturan perundang-undangan, hakikat peraturan perundang-undangan, hirarki peraturan perundang-undangan, jenis-jenis peraturan perundang-undangan dari masa ke masa, peraturan daerah, tahap-tahap penyusunan peraturan perundang-undangan.

See Course Unit

TOTAL

19

No.

Kode Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah

Beban SKS

Muatan Materi

Keterangan

1

KPPKN 12456 Praktek Lapangan Persekolahan

4

Pengalaman Lapangan Praktis – Pengalaman belajar langsung yang dilakukan di luar kelas, sering kali dalam lingkungan dunia nyata yang relevan dengan subjek studi.

See Course Unit

2

KPPKN 12253 Evaluasi Pembelajaran dan Assessment

3

Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa mampu menguasai pengetahuan tentang evaluasi proses dan hasil belajar secara komprehensif dan fungsional, sehingga dapat merencanakan dan mengkonstruksi butir-butir soal tes dan nontes untuk menilai hasil belajar dan proses belajar.

See Course Unit

3

KPPKN 12358 Teknologi Media Pembelajaran

2

Mata kuliah ini menguraikan tentang konsep dasar pengetahuan, pemahaman teori dan praktek pembuatan media pembelajaran yang efektif dan efisien dalam proses belajar mengajar. Materi mata kuliah ini antara lain mencakup: (1) Makna peran media dalam komunikasi dan pembelajaran (2) Pengertian, fungsi, dan penggunaan media pembelajaran, (3) Landasan media pembelajaran (4) Penggolongan media pembelajaran (5) Prosedur pemilihan dan prinsip penggunaan media (6) Media Benda Asli dan Bukan Asli, (7) Media dua dimensi:media papan (8) Media Grafis (9) Media dengar dan pandang (10) Produksi media presentasi (visual, audio, video), dan (11) Penelitian tentang media pembelajaran. Diakhir mata kuliah ini, mahasiswa mampu merencanakan dan merancang satu produksi media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan karaktersitik mata pelajaran di sekolah yang dapat digunakan sebagai salah satu tool dalam praktek mengajar pengalaman lapangan.

See Course Unit

4

KPPKN 12271 Penelitian Tindakan Kelas

2

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang membahas secara mendalam tentang metodologi penelitian tindakan kelas: konsep dasar penelitian tindakan kelas, karakteristik penelitian tindakan kelas, tujuan dan manfaat penelitian tindakan kelas, identifikasi dan perumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas, analisis dalam penelitian tindakan kelas, format proposal penelitian tindakan kelas, contoh-contoh implementasi penelitian tindakan kelas dalam pendidikan guru.

See Course Unit

5

KPPKN 123379 Sekolah Damai dan Pendidikan Demokrasi

2

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar demokrasi, masalah-masalah perkembangan demokrasi di negara-negara dengan sistem otoriter, membahas model-model demokrasi yang dipengaruhi oleh ideologi dan budaya kehidupan di negara-negara tertentu, demokrasi dalam praktek di berbagai negara dan di masyarakat tradisional termasuk di masyarakat multikultural Indonesia. Untuk mempercepat proses pembentukan masyarakat yang demokratis antara lain melalui proses pendidikan di sekolah melalui pendidikan dan pembelajaran yang berbasis demokrasi dan berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila dengan menggunakan berbagai macam model pembelajaran yang relevan dengan pembentukan sikap demokratis siswa. Tentu saja, semakin banyak tempat bagi implementasi pendidikan dan pembelajaran demokrasi di kelas/sekolah, maka akan tercipta sekolah-sekolah yang damai dan memberikan kontribusi bagi masyarakat, bangsa, dan negara yang damai.

See Course Unit

6

KPPKN 12490 Kuliah Kerja Nyata (KKN)

4

Suatu program mata kuliah di mana mahasiswa terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat sebagai bagian dari kurikulum akademik.

See Course Unit

7

KPPKN 12352 Kepemimpinan Manajemen dan Supervisi Sekolah

3

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep pengorganisasian sistem pendidikan di Indonesia (P), konsep pengorganisasian sistem satuan pendidikan (P), konsep manajemen berbasis sekolah (P), konsep manajerial dan supervisi pendidikan (P), merancang konsep kepemimpinan sekolah (K), menjabarkan standar nasional pendidikan

See Course Unit

TOTAL

19

No.

Kode Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah

Beban SKS

Muatan Materi

Keterangan

1

KPPKN 12691 Skripsi

6

Tugas akhir mahasiswa berupa karya ilmiah yang disusun melalui proses bimbingan dan sebagai syarat untuk meraih gelar sarjana

For More Details

TOTAL

6