Lab Kewirausahaan dan Pojok Diskusi

Salah satu faslitas yang ada di Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah lab wirausaha. Lab ini merupakan tempat bagi mahasiswa untuk belajar berwirausaha. Lab ini juga merupakan represntasi nyata dari Mata Kuliah Kewirausahaan. Setelah mahasiswa belajar mengenai kosep berwirausaha, mahasiswa akan dirahakan untuk menciptakan produk tertentu sesuai dengan keahliannya dalam menciptakan produk tertentu yang dapat diperjual belikan. Setelah berhasil menciptakan produk, nantinya mahasiswa dapat memasarkan produk tersebut di lab kewirausahaan.

Lab kewirausahaan ini terbuka untuk semua mahasiswa, kendali penuh lab ini diberikan kepada mahasiswa untuk mengelola dan menjalan usaha mereka. Namun, tetap dengan pengawasan dosen. Keuntungan dari hasil jual beli yang ada juga akan diberikan sepenuhnya kepada mahasiswa yang memiliki produk tersebut.

Kehadiran lab ini menjadi penting dikarenakan mendorong mahasiswa untuk mampu berwirausaha. Sebab, dalam realitas pada nantinya mahasiswa tidak hanya terpaku untuk mendapat perkejaan formal (kantoran) tetapi disamping itu mampu mengoptimalisasikan kemampuannya dalam membuka peluang berwirausaha.

Bersamaan dengan lab wirausaha, ada pula pojok diskusi. Pojok diskusi ini merupakan tempat dimana mahasiswa saling bertemu dan bertukar pikiran entah itu tentang perkuliahaan atau pun diskusi mengenai isu-isu yang relevan dengan bidang ilmu yang dipelajari. Pojok diskusi ini menjadi penting sebab menjadi ruang bagi mahasiswa untuk bertukar pikiran, membagikan ide-ide, dan berdiskusi yang dari situ dapat menambah wawasan mahasiswa. Pojok diskusi ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mampu saling bertukar pikiran dan menambah wawasan.