Kenapa Harus Kami

Komitmen Kami

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) membawa misi pendidikan moral bangsa, membentuk warga negara yang cerdas, demokratis, dan berakhlak mulia, bertanggung jawab, partisipatif, responsif terhadap isu global serta secara konsisten melestarikan dan mengembangkan cita-cita demokrasi, membangun karakter dan budaya bangsa. Eksistensi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai wahana untuk membekali warga negara mencapai smart and good citizenship dan menjadi pusat pembelajaran maupun pengajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan bagi seluruh dunia. Program Studi Pendidikan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siap memberikan kontribusi nyata dalam upaya menghayati nilai-nilai luhur Pancasila, serta mengantarkannya ke kancah internasional.

Sejalan dengan komitmen kami untuk menjadi pusat pengembangan Ilmu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berlandaskan pada perkembangan kemajuan IPTEKS,  dan pengajarannya yang bereputasi internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur pancasila.

Kekuatan Kami

  1. Memiliki Kurikulum KKNI yang dilengkapi perangkat yang lengkap yakni; RPS berbasis Case Method, prosedur assessment kesulitan belajar mahasiswa, melakukan evaluasi dan monitoring (Monev) melalui penjaminan mutu pada Program Studi. Hasil Monev dibahas untuk membuat rekomendasi rencana tindak lanjut (RTL)
  2. Proses pembelajaran dengan memiliki tenaga dosen tetap bidang studi sebanyak 20 (dua puluh) orang yang terdiri atas dosen Guru Besar 2 (dua) orang, S3 10 (sepuluh) orang dan   S2  5 (lima)   orang yang akan diutus untuk melanjutkan studi pada jenjang Doktor (S3), Staf Admin 1 (satu) orang sarjana dan teknisi 1 (satu) orang.
  3. Semua dosen dan tenaga kependidikan memiliki komitmen tinggi pada peningkatan mutu dan peningkatan kinerja serta memiliki semangat kerjasama kolaboratif menjadi modal yang sangat kuat bagi kemajuan Program studi menjadi Program studi unggul.
  4. Program Studi PPKn memiliki usia seusia Undana saat ini berusia 57 tahun dan berpengalaman dalam dalam mengelola Tridharma Perguruan Tinggi. Selalu berpredikat Baik dan sangat baik menurut standar penilaian BAN-PT.
  5. Program Studi PPKn ini telah menghasilkan ribuan lulusan yang terserap seluruhnya dengan dominan menjadi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang tersebar di wilayah Indonesia dan negara ASEAN lainnya.
  6. Mampu meluluskan tepat waktu minimal 40 % dari setiap angkatan.
  7. Memiliki dua gedung Laboratorium Microteaching yang representatif.
  8. Menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak, diantaranya SMP, SMA/SMK Negeri dan swasta di Kota Kupang, Kabupaten Kupang  untuk  kegiatan magang kependidikan dan atau PPL pendidikan.
  9. Memiliki sarana dan prasarana yang representatif bagi proses pendidikan seperti: gedung perkuliahan, AC, smart TV, LCD, jaringan internet, ruang seminar/pertemuan, tempat parkir mahasiswa, lapangan olahraga dan lainnya.
  10. Memiliki daya tarik tinggi sebagai pilihan kuliah oleh tamatan SMA/SMK dari seluruh wilayah NTT dan luar NTT ditandai dengan tingginya animo calon mahasiswa yang mendaftar setiap tahun di atas 1.500 peminat.