Ikatan Alumni

IKATAN ALUMNI

Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) FKIP Universitas Nusa Cendana memiliki ikatan alumni yang dibuktikan dengan Surat Keputusan Nomor 470/SK/FKIP/2018. Ikatan alumni selalu dilibatkan dalam kegiatan pengembangan akademik maupun nonakademik prodi. Secara parsial, Program Studi PPKn  juga melibatkan alumni secara personal. Adapun Kegiatan Akademik Berdasarkan Pedoman Kegiatan Alumni, yang melibatkan partisipasi alumni meliputi:

  1. Kuliah Tamu Alumni

Kuliah tamu alumni merupakan kegiatan pemberian wawasan, pengetahuan dan informasi yang bertujuan untuk menunjang kegiatan pembelajaran di kelas dan untuk memperluas pengetahuan di bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kepada seluruh mahasiswa di program studi dari semua angkatan, di mana kegiatan kuliah tamu ini mengundang pemateri dan pembicara yang merupakan alumni yang telah bekerja di berbagai sektor baik itu pada sektor Pendidikan, Industri maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM/NGo) dari dalam negeri dan luar negeri. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun.

  1. Seminar Ikatan Alumni

Seminar ikatan alumni adalah kegiatan ilmiah yang diadakan dalam rangka membahas suatu studi kasus atau suatu kasus tertentu yang diselenggarakan oleh Program Studi yang melibatkan alumni ikatan alumni sebagai narasumber maupun sebagai  fasilitator dalam terselenggaranya kegiatan. Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi guru PPKn dalam berkarier, memotivasi guru PPKn untuk menulis karya ilmiah dan mendeseminasi gagasan atau hasil penelitian yang aktual serta sebagai wadah untuk saling bertukar pikiran guna menambah khasanah wawasan para peserta termasuk alumni. Adapun kegiatan ini diselenggarakan secara rutin setiap tahun.

  1. Penelusuran alumni

Penelusuran alumni merupakan kegiatan untuk menelusuri dan menggali informasi terkait alumni melalui Kuesioner yang telah disusun oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas Nusa Cendana

  1. Peninjauan Kurikulum

Ikatan alumni terlibat aktif secara berkala dalam kegiatan peninjauan kurikulum melalui konstruksi dan evaluasi dokumen kurikulum. Di sisi lain, alumni memberikan pelatihan kepada tenaga kependidikan secara profesional dan berkala.

Selain kegiatan akademik, ada juga kegiatan non akademik yang melibatkan partisipasi alumni. adapun kegiatan tersebut meliputi:

  1. Pengembangan Jejaring

    Jejaring facebook dan grup whatsapp lintas angkatan digunakan alumni sebagai media untuk mendistribusikan informasi kepada mahasiswa mengenai: (1) lokasi magang profesi, (2) magang kependidikan, dan (3) informasi lowongan kerja. Alumni juga membuat group whatsapp dengan mahasiswa untuk mendiskusikan informasi-informasi terkini mengenai perkembangan kebijakan pendidikan.

  2. Penyediaan Fasilitas

    Ikatan alumni memberikan fasilitas berupa akses magang kependidikan/ Praktik Lapangan Persekolahan (PLP) dan Job Fair untuk meningkatkan kompetensi akademik mahasiswa dan masa depan alumni. Fasilitas yang disediakan dalam PLP adalah fasilitas akses dan perizinan observasi di sekolah dan wawancara dengan guru maupun kepala sekolah. Selain itu Alumni terlibat aktif dalam memberikan informasi terkait kebutuhan bursa tenaga kerja di berbagai sektor sesuai bidang keilmuan yang dimiliki

Apakah anda termasuk Alumni Prodi PPKn FKIP Universitas Nusa Cendana yang belum menjadi anggota Ikatan Alumni?

Segera daftarkan diri anda melalui link berikut ini: