CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Apa itu Capaian Pembelajaran Lulusan?

Capaian pembelajaran lulusan (CPL) merupakan rumusan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yaitu kriteria minimal dari kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Capaian Pembelajaran Lulusan berfungsi mendukung profil lulusan program studi, acuan utama pengembangan standar isi pembelajaran, standar proses pembelajaran, standar penilaian pembelajaran, standar dosen dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana pembelajaran, standar pengelolaan pembelajaran, dan standar pembiayaan pembelajaran.

Capaian Pembelajaran Lulusan di Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Nusa Cendana dapat dilihat pada tabel berikut ini:

No. Capaian Pembelajaran Program Studi
1

1.Sikap (S)
S.1.Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.

S.2.Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

S.3.Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

S.4.Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

S.5.Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

S.6.Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

S7.Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

S.8.Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

S.9.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

S.10.Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

2

2.Ketrampilan Umum (KU)
KU.1.Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

KU.3.Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

KU4.Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

KU.5.Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

KU.6.Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

KU.7.Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.

KU.8.Mampu melaksanakan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

KU.9.Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

3

3.Pengetahuan ( dikeluarkan oleh Forum Prodi PPKn se Indonesia)
P.1.Menguasai konsep,prinsip,prosedur dan metode keilmun, serta nilai, norma, dan moral yang menjadi muatan kurikulum dan proses pembelajaran dan/atau pembudayaan dalam konteks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di sekolah/atau masyarakat.

P.2.Menguasai struktur,metode, dan spirit keilmuan Kewarganegaraan,hukum,politik kenegaraan, sejarah perjuangan bangsa, dan disiplin lainnya yang relevan dan koheren dengan kebutuhan pengembangan kompetensi sebagai pendidik professional pada pendidikan dasar dan menengah atau pada pendidikan kewarganegaraan –kemasyarakatan.

P.3.Menganalisis isu-isu dan/atau perkembangan terkini kewarganegaraan meliputi bidang ideologi, politik, hukum,ekonomi,sosial, budaya, pertahanan dan keamanan dan agama,dalam konteks lokal,regional,nasional, dan global.

P.4.Menguasai konsep,prinsip dan aplikasi psikologis,pedagogi, dan komunikasi untuk pendidikan formal atau pemberdayaan masyarakat yang meliputi perkembangan peserta didik, teori belajar dan pembelajaran,penilaian hasil belajar,teknologi pembelajaran PPKn di sekolah atau dalam masyarakat.

P.5.Menguasai konsep dan paradigma untuk mengembangkan PPKn di sekolah atau dalam masyarakat.

P.6.Mengkreasi integrasi tekno-pedagogi dan konten dalam pendidikan (techno-pedagogical content knowledge (TPAC) dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

4

4.Ketrampilan Khusus (dikeluarkan oleh Forum Prodi PPKn se-Indonesia).
KK.1.Menggunakan konsep,prinsip,prosedur,dan metode keilmuan serta nilai,norma dan moral yang menjadi muatan kurikulum dan proses pembelajaran dan/atau pembudayaan dalam konteks Pendidikn Pancasila dan Kewarganegaraan di sekolah dan/atau masyarakat.

KK.2.Memanfaatkan struktur, metode, dan spirit keilmuan Kewarganegaraan,hukum,politik kenegaraan, sejarah perjuangan bangsa, dan disiplin lainnya yang relevan dan koheren dengan kebutuhan pengembangan kompetensi sebagai pendidik professional pada pendidikan dasar dan menengah atau pada pendidikan kewarganegaraan –kemasyarakatan.

KK.3.Memanfaatkan isu-isu dan/atau perkembangan terkini kewarganegaraan meliputi bidang ideology, politik, hukum,ekonomi,sosial, budaya, pertahanan dan keamanan, agama,dalam konteks lokal,regional,nasional, dan global.

KK.4.Menerapkan konsep,prinsip dan aplikasi psikologis,pedagogi, dan komunikasi untuk pendidikan formal atau pemberdayaan masyarakat yang meliputi perkembangan peserta didik, teori belajar dan pembelajaran,penilaian hasil belajar,teknologi pembelajaran PPKn di sekolah atau dalam masyarakat.

KK.5.Menggunakan konsep dan paradigma untuk mengembangkan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di sekolah atau dalam masyarakat.

KK.6.Mengkreasi integrasi tekno-pedagogi dan konten dalam pendidikan (techno-pedagogical content knowledge (TPAC) dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

KK.7.Mempraktekkan Kegiatan kewirausahaan untuk meningkatkan taraf hidup keluarga, masyarakat dan Negara.